Rabu, 06 April 2011

Gilas Shakhtar, Barcelona Tatap Semi-Final

Barcelona mengukir kemenangan telak atas Shakhtar Donetsk di Nou Camp. Menjamu tamunya itu, Los Blaugrana berpesta gol 5-1 dalam partai leg pertama perempat-final Liga Champions, Kamis (7/4) dinihari WIB.

Ada yang menarik dari laga ini. Kemenangan telak Barca tidak diwarnai dengan gol-gol yang dicetak para penggedor ulung mereka seperti biasanya: Lionel Messi-David Villa. Lima gol bersarang melainkan masing-masing dibagi rata melalui gol Xavi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Dani Alves, Seydou Keita. Sementara satu gol dari Shakhtar dikemas Yaroslav Rakitskiy.

Torehan besar mencolok ini sedikit banyak sudah melapangkan jalan Barca ke empat besar, tetapi segalanya memang baru ditentukan ketika perjumpaan kedua di kandang Shakhtar.

Tak perlu waktu lama bagi Barca untuk membuka keran gol mereka. Di menit dua, Iniesta ciamik. Aksi striker Lionel Messi diteruskan oleh tendangan sang gelandang, bola pun tanpa bisa dicegah kiper lawan. 1-0 Barca memimpin.



Barca belum berhenti di babak pertama. Setengah jam lewat empat menit, sang pencetak gol pertama yang menjadi kreator terciptanya gol kedua. Menerima umpan tembusan Iniesta, Dani Alves mengoptimalkannya dengan sempurna lewat tendangan jarak dekat. Kedudukan 2-0 pun tidak bertambah lagi sampai kedua tim jeda minum.

Di interval kedua, dominasi Barca masih tak terpatahkan. Penguasaan bola yang condong mengarah ke Barca, membuat tim tamu hanya bisa pasrah "dipermainkan" sang tuan rumah.

Pada menit ke-53, aksi Pique membuat namanya masuk dalam papan skor. Diservis oleh Xavi via crossing-nya, sang bek melanjutkan bola untuk diarahkannya ke gawang lawan. 3-0 buat Barca.

Shakhtar sempat mencuri gol. Enam menit kemudian, Rakitskiy memperkecil ketinggalan berkat aksinya. Diawali dari aksi Darijo Srna yang memberikan assist, Rakitskiy menuntaskan dengan sempurna tanpa bisa dihalau Victor Valdes.

Bukannya bersemangat setelah menodai gawang Valdes, gawang Shakhtar malah kembali kebobolan untuk kali keempat. Seydou keita, menyongsong umpan yang diberikan Lionel Messi, sukses menggetarkan gawang yang dikawal Andriy Pyatov.

Shakhtar kian merana ketika Xavi melengkapi pesta gol pasukan Pep Guardiola. Dengan mudah saja, si pengatur serangan itu menyontek bola hasil kiriman Dani Alves. Sampai pluit panjang berbunyi, skor 5-1 membekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar